Minggu, 25 Februari 2018

SWOT


ANALISIS SWOT
Oleh                            : Novalina Magdalena, S.Pd
Mata Pelajaran            : Prakarya dan Kewirausahaan (Rekayasa)

Image result for SWOT




Analisis SWOT adalah analisis yang meninjau dari kondisi internal dan eksternal suatu perusahaan atau organisasi yang ditujukan untuk dasar merancang strategi dan program kerja. SWOT merupakan kependekkan dari Strength (S), Weakness (W), Opportunity (O), dan Threat (T). Strength merupakan kekuatan yang dimiliki, Weakness berarti kelemahan yang dimiliki, Opprotunity merupakan kesempatan yang ada, dan Threat berarti ancaman atau sesuatu yang menghalangi.
Kondisi Internal yang dimaksud adalah mencakup S dan W, sedangkan kondisi eksternal adalah O dan T. Selain kedua kondisi tersebut menjadi suatu faktor dalam analisis SWOT, maka ada dua faktor lain yang menunjang keakuratan analisis SWOT. Dua faktor itu adalah, faktor penunjang atau penolong (Helpful)) dan faktor pelemah atau bahaya (Harmful). Faktor Helpful memuat S dan O, sedangkan faktor Harmful memuat W dan T.
Fokus analisis SWOT mengarah pada menjawab beberapa pertanyaan berikut :
1)      Adakah Strength untuk mencapai sasaran usaha?
2)      Apakah Weakness membatasi atau menghambat pencapaian sasaran?
3)      Adakah Opportunity dalam mencapai sasaran?
4)      Apa saja Threat yang mengancam untuk mencapai sasaran?
Berikut diberikan Tabel Pengertian Analisis SWOT :
Image result for tabel pengertian SWOT

Strategi SO adalah strategi yang menyatakan bahwa suatu perusahaan atau organisasi harus bersifat Agresif Positif dalam menjalankan usaha atau organisasinya. Dalam Pendekatan Kualitatif Matriks SWOT Kearns, strategi SO disebut dengan Comparative Advantages : pertemuan dua elemen kekuatan dan kesempatan sehingga memberikan kemungkinan besar kepada suatu perusahaan atau organisasi untuk bergerak maju dan berkembang dengan cepat. Dalam Pendekatan Kuantitatif Matriks SWOT menyatakan bahwa strategi SO berada di Kuadran I (lihat diagram analisis SWOT), sehingga perusahaan atau organisasi dimungkinkan untuk terus melakukan ekspansi memperbesar pertumbuhan dan meraih kemajuan secara maksimal.
Diagram Analisis SWOT :
Image result for diagram analisis swot
Strategi ST adalah strategi yang  menyatakan bahwa suatu perusahaan atau organisasi harus bersifat diversifikasi strategi dalam menjalan usaha atau organisasinya. Dalam Pendekatan Kualitatif Matriks SWOT Kearns, strategi ST disebut dengan Mobilization : pertemuan interaksi antara kekuatan dan ancaman sehingga suatu perusahaan atau organisasi harus mengupayakan mobilisasi sumber daya yang tinggi dengan memaksimalkan kekuatan yang dimiliki untuk memperlunak ancaman yang ada, dan bahkan mengubah ancaman tersebut menjadi suatu kesempatan. Dalam Pendekatan Kuantitatif Matriks SWOT menyatakan bahwa strategi SO berada di Kuadran II (lihat diagram analisis SWOT), sehingga perusahaan atau organisasi dimungkinkan untuk terus melakukan kreasi dan inovasi dalam mengembangkan produk atau organisasi yang ada dengan memperbanyak ragam strategi taktis dalam pemasaran, penjualan, manajemen, dan lain sebagainya.

Contoh Analisis SWOT Pribadi :
Image result for contoh analisis swot pribadi

Strategi WT adalah strategi yang  menyatakan bahwa suatu perusahaan atau organisasi harus bersifat bertahan dalam menjalan usaha atau organisasinya. Dalam Pendekatan Kualitatif Matriks SWOT Kearns, strategi WT disebut dengan Damage Control : pertemuan interaksi antara kelemahan dan ancaman sehingga suatu perusahaan atau organisasi harus mengupayakan mengambil keputusan dengan hati-hati, karena satu keputusan yang salah dapat menyebabkan kegagalan suatu produk dan hancurnya suatu organisasi. Oleh karena itu, strategi ini menitikberatkan pada bagaimana suatu perusahaan atau organisasi dapat mengendalikan kerugian. Dalam Pendekatan Kuantitatif Matriks SWOT menyatakan bahwa strategi WT berada di Kuadran IV (lihat diagram analisis SWOT), sehingga perusahaan atau organisasi dimungkinkan untuk terus bertahan karena faktor internal berada dalam kondisi dilematis. Strategi bertahan ini digunakan untuk meningkatkan kinerja internal agar tidak semakin jatuh sehingga memberi waktu yang lebih untuk membenahi beberapa kekurangan.
Strategi WO adalah strategi yang  menyatakan bahwa suatu perusahaan atau organisasi harus bersifat mengubah strategi yang ada dalam menjalan usaha atau organisasinya. Dalam Pendekatan Kualitatif Matriks SWOT Kearns, strategi WO disebut dengan Divestment or Invesment : pertemuan interaksi antara kelemahan yang dimiliki dan kesempatan yang ada sehingga suatu perusahaan atau organisasi harus berani mengambil keputusan yang membingungkan, apakah divestment (melepas peluang yang ada) atau investment (mengambil peluang yang ada). Dalam Pendekatan Kuantitatif Matriks SWOT menyatakan bahwa strategi WO berada di Kuadran III (lihat diagram analisis SWOT), sehingga perusahaan atau organisasi dimungkinkan untuk mengubah strategi mereka karena strategi yang lama dikhawatirkan telah sulit untuk dapat menangkap peluang usaha yang ada. Selain itu, mereka pun disarankan untuk memperbaiki kinerja SDM yang ada.


Sumber :
Sutisna, A. (2004). “Kompilasi Skripsi Plus 2004 (Metodologi) : Analisis SWOT”. Di unduh dari :  http://daps.bps.go.id/file_artikel/66/Analisis%20SWOT.pdf. Di unduh Tanggal : 23 Januari 2016.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar